Menu Tutup

Oleh : Agus Salim (Jurnalis GEMA)

Masalah sampah disekolah, terutama sampah plastik, jika tidak ditangani dengan baik akan menjadi masalah besar. Perlu upaya masif dan struktural untuk mengatasi permasalahan sampah di sekolah. Penanganan sampah harus di mulai dari sumber (hulu) hingga ke hilir dan melibatkan seluruh warga sekolah.

Dengan konsep 3 AH insyaa Allah sampah di sekolah bisa di minimalisir. Apa itu konsep 3 AH?. Konsep 3 AH adalah kepanjangan dari cegAh, pilAH dan olAH.

AH yang pertama adalah cegAH. Para siswa, guru, karyawan dan orang tua harus dicegah membawa sampah plastik ke sekolah dengan cara memasukkan makanan yang akan dibawa ke sekolah kedalam wadah makanan dan membawa ecobotol untuk minuman. Pastikan tidak membawa plastik kemasan sekali pakai ke sekolah.

AH yang kedua adalah pilAH. Para siswa, guru, karyawan dan orang tua harus memilah sampah organik dan non organik dengan cara memasukkan sampah yang dihasilkan ke tong sampah sesuai kriteria organik (sisa makanan) dan non organik (plastik dan sejenisnya).

AH yang ketiga adalah olAH. Para siswa, guru, karyawan dan orang tua harus bekerja sama secara berkala mengelola sampah organik menjadi pupuk dan sampah non organik (plastik dan sejenisnya) menjadi benda benda yang bernilai ekonomi dan seni.

Ayo kita minimalisir penggunaan plastik dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai, gunakan botol minum dan wadah makanan ramah lingkungan.

KALAU BUKAN KITA, SIAPA LAGI YANG PEDULI.
KALAU BUKAN SEKARANG, KAPAN LAGI? KINI SAATNYA SELAMATKAN SEKOLAH DARI SAMPAH (PLASTIK).

 

× Assalamu'alaikum