Menu Tutup

PESANTREN

Berdiri sejak tahun 2005, Pesantren Al Quran Terpadu (PQT) Ruhul Jadid adalah pesantren yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan Al Quran dan As Sunnah. Istilah “Terpadu” dimaksudkan sebagai penguat (ta’kid) dari Islam itu sendiri. Maksudnya adalah Islam yang utuh, menyeluruh, integral, bukan parsial, syumuliyyah bukan juz’iyyah.

Dalam aplikasiya, PQT Ruhul Jadid adalah pesantren yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan nilai-nilai Islam. Tidak ada dikotomi, tidak ada keterpisahan, tidak ada “sekulerisasi” dimana pelajaran dan semua bahasan lepas dari nilai dan ajaran Islam, ataupun “sakralisasi” dimana Islam diajarkan terlepas dari konteks kemaslahatan kehidupan masa kini dan masa depan.

 

Dengan tagline “Mendidik Generasi Qurany yang Soleh dan Berprestasi”, PQT Ruhul Jadid memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah. Artinya, PQT Ruhul Jadid berupaya mendidik santri menjadi anak yang berkembang kemampuan akal dan intelektualnya, meningkat kualitas keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT, terbina akhlak mulia dan juga memiliki kesehatan, kebugaran, dan keterampilan dalam kehidupannya sehari-hari.

PQT Ruhul Jadid memiliki tiga unit pendidikan formal yaitu, SDIT, SMPIT dan SMAIT Ruhul Jadid. SDIT Ruhul Jadid dengan program fullday school, sedangkan SMPIT dan SMAIT Ruhul Jadid dengan program “Boarding School” (berasrama).

Selain program reguler, PQT Ruhul Jadid juga membuka program khusus tahfizh Al Quran  bagi para santriwan dan santriwati SMPIT dan SMAIT Ruhul Jadid yang memiliki minat yang besar untuk menghafal Al Quran 30 juz. Program ini bernama Program Takhasus HATI-QU (haqqu tilawatil quran}.

× Assalamu'alaikum