SMA IT Ruhul Jadid Melaksanakan USP dengan Proyek Ilmiah Sebagai Syarat Kelulusan Siswa.



 Tigaraksa, Pesantren Ruhul Jadid (10/4) - Unit  SMA IT Ruhul Jadid melaksanakan Ujian Satuan Pendidikan (USP) mulai hari Kamis-Sabtu (7-9/4/22). Kegiatan dilaksanakan secara bergilir mulai pukul 08.00-11.30 WIB. USP merupakan ujian terakhir bagi seluruh siswa tingkat SMA.

          Seluruh sekolah tingkat SMA melaksanakan Ujian Satuan Pendidikan (USP) di sekolah masing-masing. USP yang dilakukan di setiap sekolah menggunakan metode yang beragam. Untuk SMA IT Ruhul Jadid, USP dengan membuat suatu kajian ilmiah sebagai terobosan yang luar biasa. Memadupadankan antara teori dan praktik yang belum terbayangkan oleh para siswa sebelumnya. Menggunakan metode pembelajaran Project Base Learning (PBL)  yang sangat menarik dan menantang hingga menghasilkan sebuah produk yang berdayaguna.



          Berbeda dengan masa Ujian Nasional (UN) hanya empat mata pelajaran yang diujikan (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA). Sedangkan USP meliputi seluruh mata pelajaran yang dituangkan dalam satu bentuk karya ilmiah serta wajib dipertanggungjawabkan di hadapan para dewan guru mata pelajaran dan dewan penguji ahli.

          Karya ilmiah yang dibuat menggunakan metode pembelajaran PBL, yaitu suatu pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran bertitik pusat kepada siswa atas suatu proyek yang sedang diinvestigasi secara mendalam dengan dukungan literasi yang mendukung.

          Sesuai Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 dan Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 tahun 2021, bahwa ada beberapa bentuk USP yang dapat disesuaikan oleh pihak penyelenggara.

          SMA IT Ruhul Jadid melaksanakan USP karya ilmiah PBL melalui tahap pertama : menentukan desain proyek, menyusun penjadwalan, memonitor kemajuan pada 10 Maret - 6 April 2022 dan tahap kedua : pengujian/penilaian hasil (presentasi) pada 7-9 April. Tujuan dari PBL diantaranya mengasah kemampuan dan pengalaman, penyelesaian masalah, kondisi pembelajaran yang berbeda dari biasanya,  menghasilkan produk, terampil mengelola, menemukan passion dalam belajar.

          Adapun kajian ilmiah yang diproyekkan adalah memanfaatkan  limbah yang berada di dalam lingkungan pesantren. Diantaranya pemanfaatan nasi lebih guna pembuatan kerupuk, pemanfaatan nasi basi diolah menjadi pupuk organik cair, pemanfaatan cangkang telur alternatif tepung berkalsium, dan daur ulang botol plastik sebagai bahan paving blok.


          USP dibuka dengan sidang karya ilmiah pertama dengan penguji Pimpinan Pondok Pesantren Ruhul Jadid, Taufik Rahmat, S.HI sekaligus mengapresiasi hasil sidang. "Alhamdulillah, siswa SMA IT sudah bagus, apalagi diiringi dengan produk dari hasil penelitiannya.",ucap beliau.  Begitu pula dengan Ketua USP plus pembimbing karya ilmiah Resa Ola Lolita,S.Pd berharap,"Semoga produk-produk hasil USP bisa berkembang dan ada lanjutannya, bahkan kalau bisa membuka produk SantriMart RJ." pungkasnya.- (RJ/spn)





Info :

UPS Sidang Karya Ilmiah menghadirkan para penguji :
1. Taufik Rahmat, S.HI
(Pimpinan PQT Ruhul Jadid)
2. Bagus Diponegoro, S.E (Ketua Yayasan)
3. Eri Setiawan, S.E, MM, CTH, ICT (Wakil Pimpinan Pondok)
4. Ahmad Azzani,S.T
(KaBid Sarana Prasarana)
5. Supeno, S.Pd
(SDM)
6. Rahmatika, S.Kom.MM

Dewan Sidang dan Dewan Guru:
1. Amanah Khikmawati S.Ag. (Penanggungjawab)
2. Siti Rohimah S.Pd (Pembimbing penulisan KI)
3. Resa Ola Lolita S.Pd (Ketua USP + Pembimbing + guru Mapel Biologi, SBK, PKWU)
4. Diah Nurma Asih S.Pd 
(Guru mapel kimia+ pembimbing)
5. Kristy Anindhita S.S (Guru mapel B.Inggris)
6. Rahma Sinse S.Ag (Guru mapel Fiqih, PAI +pembimbing)
7. Suraya S.Pd 
(Sekretaris USP,  guru Mapel MTK + Pembimbing)
8. Masita Sahara S.Tp (Guru penguji Mapel fisika + Pembimbing).

One Reply to “SMA IT Ruhul Jadid Melaksanakan USP dengan Proyek Ilmiah Sebagai Syarat Kelulusan Siswa.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum