Ujian Dunia Akhirat di Pesantren Ruhul Jadid




                       Tigaraksa, Ruhul Jadid (15/4) - Pesantren Al Qur'an Terpadu Ruhul Jadid melaksanakan ujian serentak ditingkat SMA IT, SMP IT, dan SD IT.

Ujian yang dilaksanakan secara serentak ini dimulai pada Senin (11/4/2022) bertepatan dengan hari ke - 9 di bulan suci Ramadhan 1443 H. Seluruh santri tingkat SMA, SMP, dan SD  melaksanakan ujian sekolah yang bersifat intelektual diiringi dengan ujian spiritual yang ikut teruji.

Ujian serentak dibuka oleh masing-masing kepala unit pada tempat yang berbeda di dalam lingkungan Ruhul Jadid. Total 12 kelas dijadikan sebagai tempat pelaksanaan ujian.

Unit SD menggunakan empat kelas yang terdiri dari 40 siswa kelas VI. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ini berlangsung mulai 11-14 April 2022. Dengan sembilan mata pelajaran  yang diuji secara teori dalam bentuk soal pilihan ganda plus essai dan enam mata pelajaran yang diuji secara praktik yaitu PJOK, PAI, SBK, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.



USBN unit SMP menggunakan 5 kelas dengan total jumlah 90 siswa kelas IX. Terdiri dari 34 santri ikhwan dan 57 santri akhwat. Dengan sembilan mata pelajaran yang diujikan dengan bentuk 50 soal  pilihan ganda dan dua mata pelajaran dalam ujian praktik, yaitu SBK dan PJOK. Ujian berlangsung sejak 11-15 April 2022.




 Hanya tiga kelas yang digunakan oleh unit SMA untuk melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS). Total 72 santri  akhwat dari kelas X hingga kelas XII mulai 11-19 April 2022 dengan 16 mata pelajaran yang diujikan, dalam bentuk 10 soal essai.


Kesibukan dan persiapan untuk soal ujianpun senantiasa diprioritaskan oleh para ustadz dan ustadzah selaku panitia pelaksana USBN dan PTS.

Para ketua panitia USBN SD Shinta Widiyanti, S.Pd, ketua USBN SMP Messi Kurnia, S.P, dan ketua panitia PTS SMA Kristy Anindhita,S.S sepakat bagi siswa yang sakit tidak mengikuti ujian dapat mengikuti secara online bagi siswa SMA atau mengikuti susulan secara offline pada tanggal 20 April bagi siswa SD dan SMP.

Kegiatan setelah ujian masih berlanjut dengan ujian praktik dan tasmi bagi santri calon hafidz Qur'an.(info RJ/spn)







Pernak pernik USBN dan PTS

Sudah dipastikan bagi para siswa peserta ujian dilengkapi dengan kartu jadwal USBN dan PTS.







Kegiatan santri kelas VII dan VIII

Aktivitas wajib dalam bentuk membaca Al Qur'an bersama di masjid dalam lingkungan pondok dibimbing oleh para wali asrama sekaligus guru Qur'an.



Aktivitas studi luar kelas untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Berkunjung ke Perpustakaan Daerah di Pemda Tigaraksa.



Kegiatan sebelum pelaksanaan USBN dan PTS pada hari pertama.

Koordinasi panitia pelaksana USBN dengan Kepala Unit SDIT di ruang kepala sekolah SD

Pengarahan dari Ka. Unit SDIT Ani Mulyani, S.Pd di hari pertama sebelum pelaksanaan USBN kepada siswa kelas VI.

Pembukaan dan pengarahan kepada siswa kelas IX pada hari pertama sebelum pelaksanaan USBN


Memastikan kembali kelengkapan atribut dan persiapan melaksanakan USBN.


Berita Unik

Ada yang unik dibalik kertas ujian santriwati ini???



TERIMA KASIH

(infoRJ/spn)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum